Semakin anda memberi, kesuksesan akan membuat anda kaya

Semakin anda memberi, kesuksesan akan membuat anda kaya  

Kali ini saya mendapatkan informasi menarik bagi anda yang terjun dalam dunia bisnis, baik itu bisnis online, marketing, perusahaan maupun bentuk lainnya. Judul " Semakin anda memberi, kesuksesan akan membuat anda kaya " diatas merupakan inti dari sebuah artikel yang pernah saya baca.

Bila anda ingin menggunakan bisnis anda untuk menjadi kaya?  mengapa anda tidak mencoba untuk mengaplikasian sikap ini : memberi dan melayani lebih banyak.

Hal itu menurut Dr. Jeffrey Lant, dalam artikelnya : The great secret of business success: The MORE you GIVE AWAY, the richer you get!  mengandung kebenaran kunci keberhasilan bisnis. Yaitu ; semakin Anda tulus untuk memberi dan melayani , anda akan semakin kaya dengan mudah.

Dengan perekonomian dunia saat ini yang terus mengalami fluktuasi (kadang naik turun tak menentu) dan hal itu akan tetap begitu selama beberapa waktu, jutaan pemilik usaha terus berusaha mengembangkan ide tentang bagaimana untuk memacu nilai pemasaran menjadi titik penting. Segala macam ide,dari yang simple, unik, tradisional hingga modern dilakukan oleh berbagai pihak dengan biaya yang cukup besar.
Namun sebenarnya, solusi untuk mendapatkan nilai penjualan yang lebih baik adalah : Janganlah anda hanya fokus semata menjual sesuatu kepada pelanggan / customer Anda, membombardir mereka dengan segala produk dan layanan terkini.

Saatnya fokus untuk melayani pelanggan atau customer anda 

Lihatlah segala sesuatu yang anda jual pada kurun waktu terakhir. Di saat beberapa perusahaan fokus pada produk, ada yang lebih penting dari itu. Yaitu menjaga dan mengarahkan komitmen pelanggan agar tetap menjadi pelanggan setia anda. Membangun relasi, kepercayaan publik pada perusahaan anda lebih dari sekedar brand image perusahaan anda yang telah dikembangkan selama ini.

Nah, untuk membina pelanggan agar tetap terhubung dengan anda tentu perusahaan anda harus dapat memberikan sesuatu yang lebih pada mereka. Sehingga ikatan antara anda dan pelanggan akan semakin kuat.

Baik, ada satu contoh kecil di lingkungan saya. Ada sebuah toko kecil yang menawarkan pelanggannya kemudahan utang dalam berbelanja di toko-nya. Ia menerapkan layanan yang senantiasa mengantarkan barang sendiri hingga ke rumah pelanggannya, walaupun jelas-jelas pelanggan itu berutang padanya. Bahkan setiap hari besar keagamaan (Lebaran, Natal dan lain-lain semacamnya), ia juga tak lupa membagikan 1 (satu) dus minuman ringan. Yah, walaupun hanya sekedar 1 (satu) dus Teh Botol katakanlah. Dengan harga yang tak seberapa, ia berhasil menjaga agar pelanggan itu terus membutuhkan jasa dan barang dari tokonya.

Nah, fokus pada melayani dan memberikan hal lebih kepada Pelanggan / customer sesungguhnya akan semakin menguatkan " Brand Image Perusahaan " anda.

Ada banyak hal yang dapat dikembangkan dari sikap ini, misalnya memberikan layanan purna jual yang dilakukan secara berkala atau bahkan mendadak untuk memberikan perhatian perusahaan anda secara spesial kepada pelanggan anda. Item gratis, service gratis, biaya lebih rendah, kupon diskon dan banyak hal lainnya yang dapat anda lakukan.

Langkah strategis dari sistem marketing perusahaan harus senantiasa memikirkan bagaimana melayani pelanggan lama, tanpa menghilangkan tujuan untuk menggaet pelanggan baru.

Mengembangkan mentalitas  "melayani dan memberi " dalam bisnis adalah penting, sama pentingnya saat anda berpikir bahwa bisnis yang anda lakukan akan memberikan anda keuntungan.

Hari ini adalah hari yang sempurna untuk memulai dan meninjau apa yang telah perusahaan anda lakukan, buat review secara umum dan segeralah mengadakan perbaikan mendasar dalam melayani pelanggan atau customer anda. Beri mereka sesuatu yang lebih, bukan hanya dari produk yang anda jual.

Dan yakinlah, selama tujuan Anda adalah memaksimalkan potensi perusahaan dan senantiasa menjaga pelanggan anda dengan mental melayani dan memberi. Maka anda akan lebih kaya dari sekarang.

2 Comment :

Silahkan memberi komentar anda di sini ...